Kami, Gereja Kristen Kalam Kudus, memandang penting untuk menjadi berkat bagi masyarakat. Maka kami pun bersepakat untuk membentuk Yayasan Kalam Kudus Indonesia (YKKI), yang menjalankan kegiatan di bidang sosial, kemanusiaan, dan keagamaan.

YKKI menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai wujud pengabdian umat Kristen kepada masyarakat Indonesia. Langkah yang YKKI lakukan adalah dengan membangun Sekolah Kristen Kalam Kudus (SKKK) dari tingkat:

1. Kelompok Bermain/Playgroup (KB) dan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) (Klik Disini)

2. Sekolah Dasar (SD) (Klik Disini)

3. Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Klik Disini)

4. Sekolah Menengah Atas (SMA) (Klik Disini).

Berikut ini penjelasan logo Sekolah (Gereja) Kristen Kalam Kudus:

Arti lambang

Program pembelajaran yang SKKK terapkan adalah Pembelajaran Terpadu/Integrated Learning (I-Learning) yang tergambar seperti berikut ini:

I Learning1

Apakah GKKK itu?

Gereja Kristen Kalam Kudus, disingkat GKKK, adalah “gereja Tuhan Yesus Kristus yang mewujud sebagai jemaat-jemaat, yang melaksanakan misi Allah dan berada di suatu wilayah tertentu, dan merupakan persekutuan dari keseluruhan warga GKKK di wilayah itu.” (Klik profil dan sejarah singkat GKKK yang ada di Jayapura disini)

Apa Tujuan Kami?

Tujuan GKKK yang tersebar di berbagai tempat, termasuk di Jayapura, itu adalah melaksanakan misi Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus dengan mewujudkan ibadah, persekutuan, pengajaran, kesaksian dan pelayanan.

Bagaimana Kami Melaksanakan Pemerintahan Gereja?

Dalam mengatur keberadaannya, GKKK cenderung memakai sistem pemerintahan gereja “Presbiterial-Sinodal”, dan kedaulatan tertinggi ada pada sidang raya atau sidang-sidang di tingkat sinode.

Bagaimana GKKK Mewujudkan Kesatuan dan Kebersamaan dengan Organisasi-organisasi Gereja Lain?

Upaya untuk mewujudkan kesatuan dan kebersamaan itu tidak hanya dilaksanakan di antara lingkungan GKKK sendiri, tetapi juga dilaksanakan antar denominasi gereja (dengan organisasi gereja atau sinode gereja lain). Itu sebabnya, GKKK menjadi anggota Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), dan turut berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan PGI Wilayah dan Persekutuan Gereja-gereja di Papua (PGGP). 

Dimana Saya Dapat Memperoleh Informasi tentang Sinode GKKK dan YKKI Pusat?

Informasi lengkap tentang Sinode GKKK dan YKKI Pusat, silahkan lihat http://kalamkudusindonesia.org/

Bagaimana Isi Pengakuan Iman Kami?

Pengakuan Iman 1

 

 

 

 

Asas-asas kepercayaan dan pengajaran GKKK (yang juga menjadi landasan dalam pelayanan YKKI) adalah sebagai berikut:

  1. GKKK mengakui bahwa Alkitab, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, adalah satu-satunya firman yang diilhamkan Allah, yang ditulis tanpa kesalahan dalam naskah aslinya oleh orang-orang yang dipilih Allah, yang dikuasai dan yang dipimpin oleh Roh Kudus. Alkitab merupakan otoritas tertinggi dalam iman dan kehidupan orang percaya.
  2. GKKK mengakui bahwa Allah adalah Esa dan Kekal, yang menyatakan diri dalam Tiga Pribadi, Yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ia adalah Pencipta, Penguasa, dan Pemelihara alam semesta menurut kedaulatan dan kehendak-Nya yang bebas.
  3. GKKK mengakui bahwa manusia, laki-laki dan perempuan, diciptakan oleh Allah menurut gambar-Nya. Di dalam Adam, setiap manusia telah jatuh kedalam dosa dan berada dibawah hukuman Allah dan tidak ada seorangpun yang dapat memperoleh keselamatan melalui upaya dan kebaikan diri sendiri. Manusia dapat diselamatkan hanya oleh kasih karunia Allah didalam Yesus Kristus yang diterima melalui iman.
  4. GKKK mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Allah sejati dan Manusia sejati. Ia dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria. Ia hidup tanpa dosa, disalibkan, mati dan bangkit dari kematian. Ia naik ke sorga dan akan datang kembali untuk yang kedu kalinya. Ia adalah Penebus dan Jusruselamat satu-satunya bagi seluruh umat manusia.
  5. GKKK mengakui bahwa Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Ia berkarya dalam kelahiran baru, pertobatan dalam iman kepada Yesus Kristus. Ia mendiami, menguduskan dan member kuasa serta karunia pada setiap orang percaya menurut kehendak-Nya unuk bersaksi dan melayani Tuhan.
  6. GKKK mengakui bahwa gereja adalah tubuh Kristus yang terdiri dari orang-orang percaya yang telah dilahirkan kembali oleh Roh Kudus, dan Kristus yang menjadi kepala gereja. Gereja di panggil untuk memberitakan Injil kepada sekalian bangsa serta memelihara dan mendewasakan iman orang percaya melalui ibadah, persekutuan, kesaksian, pelayanan dan pengajaran.
  7. GKKK mengakui bahwa Yesus Kristus akan datang kembali dalam kemuliaan. Ia akan membangkitkan dan menghakimi orang hidup dan yang mati. Setiap orang yang percaya kepada Kristus akan memperoleh hidup yang kekal dan orang yang tidak percaya kepada Kristus akan menerima hukuman yang kekal.

GKKK Jayapura mempraktekkan Sakramen Baptisan Dewasa dengan cara selam dan Sakramen Perjamuan Kudus. GKKK Jayapura tidak mempraktekkan baptisan anak, tetapi tidak akan melakukan pembaptisan ulang kepada mereka yang ketika bergabung menjadi anggota baru GKKK Jayapura, telah menerima baptisan anak di masa kecilnya. Demikian juga, Sidi akan dilayankan kepada mereka yang di masa kecilnya telah menerima baptisan anak.

GKKK Jayapura melaksanakan peringatan hari-hari raya gerejawi di dalam kalender gerejawi secara terbatas, yakni hanya mencangkup Natal, Jumat Agung, Minggu Kebangkitan-Paskah, Kenaikan Tuhan Yesus, dan Pentakosta, dengan pola kebaktian inspiratif, yaitu memakai nyanyian-nyanyian hymne maupun kontemporer; menggunakan alat musik, baik piano (pada Kebaktian Umum I), maupun juga band (pada Kebaktian Umum II, III, dan pada Kebaktian-kebaktian Kategorial/Komisi).

Apa Visi-Misi dan Motto GKKK dan SKKK?

Pernyataan Visi (masa depan yang dikehendaki), Misi (alasan keberadaan). dan Motto GKKK

Visi-Misi GKKK
Visi-Misi GKKK

Pernyataan Visi (masa depan yang dikehendaki), Misi (alasan keberadaan),  dan Motto YKKI

Visi-Misi YKKI
Visi-Misi YKKI

GKKK dan SKKK hadir di tengah-tengah konteks masyarakat yang memiliki nilai-nilai sosial yang harus dihargai. Karena itu, kami rindu bahkan sampai pada gaya berpakaian sekalipun, kiranya nama Tuhan tetap dipermuliakan:

dresscode edit gereja sekolah